Minggu, 14 Maret 2010

SEARCH ENGINE

SEARCH ENGINE

Setiap kali meggunakan internet dalam kegiatan sehari – hari kita pasti tidak akan lepas dari search engine. Fungsi dari search engine adalah untuk memudahkan kita untuk mencari data / informasi yang spesifik karena ada jutaan lebih WEB di dunia ini.

Berikut adalah contoh search engine yang umumya banyak di pakai para pengguna internet :

  1. CUIL.COM


Sepasang suami istri, professor dari Stanford, Tom Costello, dan istrinya, Anna Patterson, seorang arsitektur yang dulunya bekerja di Google Search, keduanya telah menciptakan search engine yang tercepat, terbesar dan lebih baik daripada Google search engine, Cuil atau dibaca ‘Cool’. Cuil telah hadir sejak Senin (28/07) lalu tanpa embel-embel ‘beta’.

Perbedaan yang terpenting antara Cuil dan Google adalah system rangking di dalamnya. Google melakukan system rangking halaman web dengan prioritas link dalam PageRank, sedangkan Cuil melakukan analisis dari content per halaman web. Cuil melakukannya agar dapat memutuskan apakah content dalam web tersebut memiliki relevansi atau keterkaitan dengan query pencarian. Costello mengungkapkan, bahwa search engine Cuil buatannya ini berbeda dari search engine yang bernama PowerSet yang kini menjadi milik Microsoft. Costello menjelaskan, Cuil ini bersifat ‘konstekstual’ dan search engine tersebut dimaksudkan untuk mengerti tentang dunia nyata dalam dunia maya, bukan tentang web.

http://www.beritanet.com/Technology/Berita-IT/Cuil-Search-Engine-Google.html

2. DETIKSEARCH.COM





Search engine Indonesia pertama buatan detik! Atau setidaknya itulah yang pertama kali terlintas di benak saya saat pertama kali membaca tentang DetikSearch. Tetapi setelah saya kunjungi dan selidiki lebih lanjut, tampaknya DetikSearch sama sekali tidak berhubungan dengan situs berita populer Indonesia ini karena:

  1. Situs tersebut memiliki IP 64.233.179.121 — berada di bawah kendali Google, situs ini kemungkinan besar dibuat menggunakan Google App Engine. (Dan kelihatannya memang benar karena kemarin mendapatkan halaman error ini)
  2. Domain untuk properti detik biasanya terdaftar dengan alamat email wiwi@agrakom.com, berbeda dengan DetikSearch
  3. MX Record untuk amanda@detiksearch.com, alamat email yang tertera situ DetikSearch menunjuk kepada Gmail, tidak seperti alamat-alamat email detik yang biasanya menunjuk ke server milik Agrakom.
  4. Apabila ini benar merupakan search engine pertama Indonesia, pastilah berita ini akan diumumkan melalui situs utama milik detik yang memiliki jumlah pengunjung banyak. Tetapi pencarian tentang DetikSearch di Google untuk situs detik.com maupun detikinet.com tidak membuahkan hasil apapun.
  5. Tampilannya/gaya desain/branding modern yang sama sekali berbeda dengan properti milik detik lainnya.

Akan tetapi selain itu, hasil pencarian yang diberikan sebenarnya cukup lumayan. Sebagai contoh, pencarian untuk “Apple” memberikan hasil yang hampir sama dengan Google, memberikan situs utama Apple sebagai hasil pertama dan halaman-halaman situs lain yang berhubungan dengan perusahaan teknologi Apple, plus sebuah halaman Wikipedia tentang buah apel.

Selain itu, saya juga cenderung menduga bahwa DetikSearch sebenarnya bukan sebuah proyek search engine skala penuh yang lengkap dengan web crawler dan memiliki indeks yang diolah sendiri karena jujur saja, investasi dan keahlian yang dibutuhkan untuk membuat sebuah search engine berkualitas baik sangat sulit. Lihat saja dengan Cuil, search engine beranggotakan beberapa orang yang sangat pakar di bidangnya, tetapi tetap tidak memberikan hasil yang begitu memuaskan. Mungkinkah DetikSearch hanya menggunakan API dari mesin pencari tertentu?

Setelah melakukan beberapa pencarian lebih lanjut, pencarian dengan akta kunci “dual boot” memberikan hasil pertama dengan deskripsi Wikipedia yang kurang optimal seperti yang Anda lihat di gambar ini:


Bandingkan hasilnya dengan pencarian “dual boot” di Yahoo yang juga memberikan deskripsi yang kurang optimal untuk artikel-artikel Wikipedia yang dialihkan dari halaman lain.


Dugaan saya adalah DetikSearch menggunakan API Yahoo BOSS yang berbeda dengan Google Custom Search, boleh dipakai secara gratis tanpa perlu menunjukkan logo/nama Yahoo (harap diingat bahwa semua ini adalah hipotesa belaka).

Akan tetapi, DetikSearch juga mungkin melakukan beberapa optimisasi dengan harapan memberikan hasil pencarian yang lebih baik untuk para pengguna Indonesia. Salah satu hal lain yang saya perhatikan adalah (selain hasil pencariannya yang lebih sedikit) situs-situs berbahasa Indonesia mendapatkan rangking yang lebih tinggi dibandingkan mesin pencari lainnya.

Contohnya, pencarian dengan kata kunci “open source mail server” menampilkan beberapa halaman Indonesia pada halaman pertama pencarian. Pendapat And

a? Apakah DetikSearch merupakan sebuah mesin pencari yang patut dipakai? Keunggulan lain apa lagi yang Anda lihat?

http://udaramaya.com/berita/3664/0/DetikSearch_Search_Engine_Buatan_Indonesia_Pertama

3. ASK.COM


SAN FRANSISCO - Mesin pencarian terbesar nomor empat di dunia, Ask.com telah berhasil menyelesaikan proses akuisisi yang melibatkan Lexico Publishing.

Ask.com, yang merupakan anak perusahaan dari InterActive Corp telah menyepakati pembelian tersebut pada pertengahan bulan Mei lalu. Sayangnya pihak Ask.com tidak memberikan penjelasan detil mengenai jumlah financial yang dikeluarkan dalam akuisisi tersebut.

Lexico Publishing Group telah berdiri sejak tahun 1995. Sejak itu kinerjanya terus meningkat hingga mampu mengembangkan beberapa situs pencarian. Di antaranya adalah Dictionary.com, Thesaurus.com, dam Reference.com. Tiga buah situs pencarian tersebut mampu menghasilkan total unique visitors lebih dari 28 juta pengunjung.

Kami harap akuisisi ini secara otomatis akan meningkatkan unique visitor Ask.com setiap bulannya hingga 11 persen atau setara dengan 145 juta,” ujar pihak Ask.com pada bulan Mei lalu, seperti dikutip melalui Cnet, Sabtu (5/7/2008).

Menurut data statistik yang dikeluarkan Hitwise, Ask.com memiliki sekira 4,23 persen pasar pencarian internet di Amerika pada bulan Mei lalu. Sedangkan di atasnya, berturut-turut, Microsoft 5,89 persen, Yahoo 19,95 persen dan Google berkuasa dengan 68,29 persen.

http://www.sasak.net/modules/newbb/viewtopic.php?topic_id=3866&forum=9

4. DOGPILE.COM

Dogpile terkenal sebagai sebuah meta search engine yang menggunakan beberapa search engine sekaligys. Yang menyebalkan, jika Anda menggunakannya, Anda akan sadar bahwa Anda harus men-scroll melewati satu halaman penuh hanya untuk melewati semua sponsored link.

5. ALTAVISTA.COM

Kita dapat menggunakan Altavista sesuka kita. Keunikan Altavista adalah fitur international specified search, tetapi tetap saja tidak seakurat Google. Selain itu, apa yang tidak dipublikasikan Altavista adalah: mereka menggunakan engine Yahoo!. Pada dasarnya, ini hanya bagi pengguna yang menolak merk Yahoo.

6. AOL.COM

AOL, Selasa (09/09) lalu, telah membuka home page ke penyedia layanan email lainnya, termasuk Google mail, Gmail. Agregrasi fitur AOL memudahkan user untuk mengakses account dari Yahoo, Gmail, dan Hotmail, dan sebagai tambahan AIM Mail. Terlebih lagi, panel preview mail pada home page AOL, dapat memberikan user status account AOL, Gmail, dan Yahoo Mail, sehingga user dapat melihat pesan baru yang mereka terima. User juga dapat menavigasikan secara langsung ke pesan baru dengan meng-click pada link pesan. User juga dapat meng-click sebuah link untuk membuat jendela baru guna mengirim pesan.

Bill Wilson, wakil presiden eksekutif program AOL, menyatakan bahwa AOL sangat mengerti dengan kebutuhan user yang memiliki banyak account email dari berbagai layanan penyedia email, dan akan selalu menjadi hal yang sangat penting dalam keseharian, maka untuk itu kami mempermudah kebutuhan user. Hal ini adalah langkah pertama dari AOL.com untuk membuka diri dan membuka akses seluas-luasnya demi popularitas home page AOL.com, termasuk nantinya user juga dapat mengatur content dan layanan yang ada di situs.

AOL.com juga memiliki navigation bar, yang secara langsung dapat memberikan akses user ke content dan layanan AOL yang lebih luas. AOL.com memiliki ‘keyhole’ dari setiap jejaring social, sehingga user dapat mengatur semua feed jaringan social yang dimilikinya dari satu lokasi atau sebuah RSS feed reader, dan kemampuan untuk menambah link ke halaman web, langsung ke navigation bar.

AOL kini suah tidak merasa khawatir akan persaingan dengan Yahoo, Microsoft, Google, dan bahkan Facebook. AOL bahkan berencana untuk menambah newsreader dan tool lainnya untuk membantu pionir Internet agar lebih dekat dengan user, termasuk adanya multiple account email ini. (h_n)

http://www.beritanet.com/Technology/Web-Development/AOL-Gmail-Hotmail-Yahoo-Mail.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar